background images light

5 Adab Pergaulan Dalam Islam yang Wajib Diketahui

Agustus 6, 2022
Share
5 Adab Pergaulan Dalam Islam yang Wajib Diketahui

Islam adalah agama yang menyuruh umatnya untuk selalu menjaga kekerabatan. Salah satu mempererat kekerabatan adalah dengan berteman dan bergaul dengan orang lain. Meskipun disarankan untuk menjalin pertemanan, ada beberapa adab dan perilaku yang wajib dijaga. Dan berikut ini adalah 5 adab pergaulan dalam Islam yang wajib diketahui:

1. Bertemanlah Dengan Orang yang Baik Akhlaknya

Adab pergaulan dalam Islam yang pertama adalah berteman dengan orang yang baik akhlaknya. Dengan teman yang memiliki perilaku baik, maka kemungkinan perilaku baiknya tersebut akan menyebar ke teman-temannya. Rasulullah mengibaratkan dampak pertemanan seperti tukang minyak wangi dan pandai besi.

Jika berteman dengan tukang minyak wangi, maka akan menghirup wangi harum. Jika berteman dengan pandai besi, maka akan terkena asap bau. Meskipun begitu, setiap umat Muslim juga wajib menjalin hubungan dengan orang-orang yang tersesat.

Hubungan ini bertujuan untuk mengubah orang tersebut ke jalan yang lebih baik. Ajakan ke jalan yang benar bisa dimulai dari cara yang lembut dan tidak menghakimi. Jika orang tersebut bertaubat, maka pahalanya bagi sang pendakwah akan terus mengalir hingga akhir hayat.

2. Mengucapkan Salam Ketika Bertemu

Kata ‘Assalamualaikum’ merupakan ungkapan salam yang lumrah diucapkan oleh para umat Muslim. Mengucapkan salam sama saja dengan mendoakan agar orang lain selalu dibawah lindungan Allah. Meskipun terkesan sepele, namun salam merupakan kalimat keberkahan yang baik diucapkan ketika saling bertegur sapa.

Ada beberapa adab dalam mengucapkan salam kepada orang lain. Pertama, disarankan untuk mengucapkan salam terlebih dahulu karena pahalanya lebih besar. Kedua, mengucapkan salam dengan lafaz yang sempurna. Ketiga, mengucapkan salam dengan keras sehingga bisa didengar oleh banyak orang. Dan yang terakhir adalah menjabat tangan setelah mengucapkan salam.

Baca juga   Adakah Kepastian Hukum Menunda Malam Pertama dalam Islam? Inilah Penjelasannya

3. Jangan Memotong Pembicaraan

Adab paling umum yang wajib diterapkan dalam pertemanan adalah tidak memotong pembicaraan orang lain. Sebagaimana dijelaskan dalam kitab Dar Al-Hawi, bahwa dilarang untuk menyela pembicaraan orang lain kecuali pembicaraan tersebut mengandung kata-kata yang buruk. Seperti ghibah, fitnah dan segala macam perkataan yang mengundang murka dari Allah SWT.

Ketika orang lain berbicara, perhatikan pembicaraan tersebut secara seksama. Jangan alihkan pandangan ke gadget ataupun benda lain. Selain itu, dilarang untuk berghibah dengan orang lain apabila orang lain sedang menerangkan. Hindari juga perdebatan dengan teman karena Allah menyukai orang yang menghindari perdebatan sekalipun argumennya mengandung kebenaran.

4. Menjaga Pandangan Dari Lawan Jenis

Islam tidak pernah melarang pergaulan antar laki-laki dan perempuan. Namun, ada beberapa batasan yang wajib dipatuhi jika ingin berinteraksi. Salah satu adab yang wajib dipatuhi adalah menundukkan pandangan. Selain itu, para wanita juga diharuskan menutup auratnya karena sesungguhnya aurat hanya boleh dilihat oleh mahramnya.

Tidak hanya itu, Islam juga melarang laki-laki dan perempuan yang bukan mahram berduaan meskipun tidak ada tujuan negatif. Sebagaimana disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw bahwa ketika laki-laki dan perempuan berduaan, maka yang ketiganya adalah setan. Setan dapat menjerumuskan ke arah-arah yang negatif dan dibenci oleh Allah.

5. Katakan Hal yang Baik

Adab lain yang wajib diamalkan dalam pergaulan adalah dengan mengatakan hal yang baik kepada teman. Jangan katakan hal-hal yang bisa menyakiti perasaan orang lain. Meskipun kata-kata tersebut tidak terlalu kasar, namun tidak semua orang bisa menerima kalimat tertentu. Orang yang mengatakan hal-hal yang baik sesungguhnya memiliki kedudukan yang paling mulia.

Demikian tadi 5 adab pergaulan dalam Islam yang wajib diikuti oleh semua Muslim dan Muslimah. Dengan menerapkan adab-abad tersebut, diharapkan bisa mempererat pertemanan dan menghindari hal-hal buruk.

Baca juga   Sudah Tahu Belum, Ini Mukjizat Puasa Daud yang Wajib Diketahui

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...