background images light

Berapa Gram Emas Wajib Zakat? Ini Pandangan Para Ulama

September 17, 2022
Share
Berapa Gram Emas Wajib Zakat? Ini Pandangan Para Ulama

Memiliki banyak emas? Sudah zakat belum? Memangnya berapa gram emas wajib zakat? Sebagai muslim yang mukallaf memanglah dibebani dengan tanggung jawab untuk membayar zakat. Dalam hal ini adalah zakat mal atau zakat harta benda. Ini bisa berasal dari banyak hal, mulai dari profesi, pertanian, peternakan, perdagangan atau bahkan emas baik batangan maupun perhiasan. Kendati demikian, semua hal itu harus mencapai satu nisab sehingga menjadi wajib zakat. Bagaimana menghitungnya? Simak ulasan berikut ini:

berapa gram emas wajib zakat

Ketentuan Nisab Zakat Emas

Sama semacam zakat pada umumnya, dalam berzakat emas terdapat aturannya sendiri. Orang terbebani oleh tanggungjawab berzakat emas ketika sudah menggapai batasan minimum dikenai kewajiban berzakat dan itu berlangsung dalam satu tahun.

Semua itu bisa berupa emas batangan, souvenir, leburan, ukiran, bejana, logam serta lain sebagainya.

Adanya kewajiban berzakat emas lantaran emas dianggap sepadan kedudukannya dengan ternak, unggas dan tumbuhan. Oleh karenanya, seseorang diharuskan berzakat apabila sudah menggapai nishab serta haul (satu tahun).

Akan tetapi, jika dalam penggunaan emas ini hanya untuk berhias semata, maka zakat tidak diwajibkan. Kendati demikian, bagi pengikut hanafiyah tetaplah wajib untuk dizakati.

Terdapat pengecualian untuk penggunaan perhiasan yang dilarang. Hal ini contohnya pria yang mengenakan emas, atau perempuan mengenakan perhiasan secara berlebihan, maka wajib untuk berzakat. Lalu, berapa gram emas wajib zakat sebenarnya?

Beberapa ulama memutuskan batasan kewajaran atau kebolehan dalam memakai emas perhiasan bagi tubuh yakni jika berat keseluruhan kurang dan tidak lebih dari 720 gr atau sekitar 200 mitsqal yang dikenakan. Untuk batasan minimal emas yang dihitung satu nishab yakni ketika emas yang dimiliki telah mencapai jumlah 85 gram.

Baca juga   Penjelasan dan Hukum Ilmu Kebal Dalam Islam

Beberapa Metode untuk Menghitung Zakat Emas

Terdapat dua cara untuk menentukan bagaimana menghitung zakat emas. Pertama, apabila seseorang memiliki emas, tetapi tidak digunakan dan hanya sekali saja, maka perhitungannya:

Jumlah emas x harga dari emas terupdate x 2,5%.

Apabila emasnya itu dipakai maka lain lagi perhitungannya:

(jumlah emas keseluruhan – jumlah emas yang digunakan) x harga emas terkini x 2,5 %

Untuk lebih jelasnya, berikut ini contoh kasus perhitungan zakat emas.

1. Zakat Emas

Misalnya seseorang yang mempunyai emas sejumlah 100 gram, jumlah itu bertahan selama 1 tahun. Dia telah memenuhi persyaratan satu nishab dan harus berzakat.

Di bawah ini perhitungannya:

Misalkan: 100 gram emas x Rp700.000 x 2,5% = Rp 1.750.000 (Rp700.000 = anggapan harga emas terkini)

2. Zakat Emas Perhiasan

Menurut beberapa ulama, pembayaran zakat emas berupa perhiasan ini dibagi menjadi dua cara berdasarkan keadaannya.

Pertama, yaitu berupa emas. Maka cara ini dilakukan dengan membeli emas, atau diambilkan dari emas yang dimiliki sejumlah yang wajib dibayarkan. Hal ini diperbolehkan, jika emasnya hanya untuk dikenakan dan tidak untuk diperdagangkan.

Kedua, yaitu berupa uang. Dalam hal ini orang yang berzakat membayarkan zakatnya dengan sejumlah uang setara dengan harga emas yang dikeluarkan. Harga ini mengikut pada harga emas terbaru. Kemudian uangnya diberikan kepada mustahik. Hal ini dilakukan jika memang emasnya digunakan untuk dagang atau pemilik toko emas.

Misalnya, kisaran terkini harga emas murni untuk perhiasan Rp.750.000/gram. Metode atau cara menghitung nishab dan besaran zakatnya:

Nishab emas = 85 gram x Rp750.000/gram = Rp63.750.000

Misalnya: Seseorang memiliki emas sejumlah 100 gram emas 24 karat dan telah mencapai satu tahun. Berarti telah berkewajiban untuk berzakat lantaran sudah lebih dari satu nishab.

Baca juga   Ternyata Begini, Keutamaan Uban di Usia Muda Dalam Islam

Perhitungan menunaikan zakat berupa emas = 2,5 % x 100 gram emas = 2,5 gram emas

Perhitungan menunaikan zakat berupa uang = 2,5 gram emas x Rp750.000,-/gram = Rp1.875.000,-

Itulah pembahasan mengenai berapa gram emas wajib zakat, dan metode perhitungannya. Penyimpanan emas yang telah mencapai satu nishab dan berlangsung selama tahun memanglah wajib dan harus segera dibayarkan supaya harta bisa bersih dan hak-hak lain terpenuhi.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...