background images light

Informasi Lengkap Biduran Dalam Islam

Agustus 3, 2022
Share
Informasi Lengkap Biduran Dalam Islam

Biduran adalah penyakit yang menyebabkan kulit gatal-gatal. Penyakit ini sangat mengganggu karena akan mempengaruhi aktivitas. Ada banyak cara mengatasi biduran. Termasuk mengatasi biduran dalam Islam. Meskipun belum teruji secara medis, tetapi tidak ada salahnya berikhtiar.

Meskipun penyakit sangat tidak enak, tetapi bukan alasan untuk mengeluh. Seperti yang dikatakan Rasulullah bahwa penyakit yang akan menghapus dosa dan tidak sebaiknya untuk dicaci-maki. Selama ada usaha yang bisa dilakukan, ada baiknya manusia untuk selalu mencoba. Berikut adalah informasi tentang biduran dalam Islam.

Apa Itu Biduran?

Biduran memiliki bahasa medis bernama Urtikaria. Penyakit ini adalah penyakit kulit yang ditunjukan dengan gejala ruam merah dan gatal. Terkadang juga bisa terasa terbakar dan menyengat. Ruam ini juga bisa berpindah tempat dan menyebar tergantung beberapa kondisi.

Penyakit ini biasanya tidak akan bertahan lama, hanya beberapa hari dan tidak meninggalkan bekas yang berarti. Sebanyak kurang dari 5% kasus yang berlangsung, penyakit ini bisa bertahan hingga berminggu-minggu. Biasanya tidak lebih dari 2 bulan. Kondisi seperti ini bisa saja kambuh kapanpun juga. Yuk kenali lebih dalam mengenai biduran dibawah.

Biduran Dalam Islam

1. Penyebab Biduran

Ada berbagai penyebab yang dapat membuat penyakit ini muncul. Biduran dapat terjadi akibat reaksi dari obat yang dikonsumsi. Bisa karena alergi atau efek samping obat. Selain itu bisa karena sengatan serangga, alergi makanan, stress psikologi, hingga akibat dari suhu dingin.

Dibeberapa kasus penyakit ini tidak diketahui penyebabnya. Untuk menentukan penyebab, Patch Testing sangat berguna dalam hal ini. Untuk mencegah penyakit ini, umumnya hanya dengan menjauhi penyebab dari penyakit ini. Obat yang diberikan biasanya berupa Antihistamin, diphenhydramine, dan ranitidine.

Baca juga   Trinitas Dalam Islam dan Ayat Al Quran Sebagai Penentangnya

2. Pandangan Islam

Dalam Alquran dan Hadits, penyakit ini tidak tertulis dengan jelas. Tetapi setidaknya Alquran dan Hadist membahas penyakit secara umum. Seperti halnya pada surat An-Nahl ayat 68-69 di dalam Alquran, bahwa madu dari lebah bisa menjadi obat bagi segala penyakit manusia.

Meskipun penyakit memiliki berbagai penyebab yang melatar-belakangi, bukan berarti penyakit adalah sebuah hukuman. Seperti ada tertulis pada QS Al-Ankabut ayat 2-3 bahwa Allah menguji setiap orang beriman dan tidak beriman, karena Allah Maha mengetahui. Maka penyakit bukanlah suatu hukuman tetapi ujian.

3. Cara Nabi Menghadapi Penyakit

Cara mengatasi penyakit ini tertuang dalam Ensiklopedia Islam Al-Kamil karya Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Abdullah at-Tuwajiri. Buku ini berdasarkan kumpulan Hadits. Mungkin ini juga dapat menjadi panduan mengatasi biduran dalam Islam.

Dalam buku ini terdapat kisah ketika Nabi menghadapi penyakitnya menjelang wafat ditemani Aisyah istrinya. Ketika itu untuk menghadapi penyakitnya, Nabi meniupi tubuhnya dan ber-mu’awwidzat. Ketika Nabi tidak sanggup lagi meniupi tubuhnya, maka Aisyahlah yang meniupinya dan ber-mu’awwidzat serta menyapu penyakitnya dengan tangan Nabi yang penuh berkah.

4. Doa

Ada terdapat beberapa doa yang dapat dilakukan. Meskipun tidak mengarah secara spesifik kepada penyakit biduran. Tetapi setidaknya dapat dicoba sebagai upaya berikhtiar. Doa-doa ini tertulis dalam Alquran. Doa ini pernah diucapkan oleh Nabi Ayyub AS ketika menghadapi penyakitnya.

وَاَيُّوْبَ اِذْ نَادٰى رَبَّهٗٓ اَنِّيْ مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَاَنْتَ اَرْحَمُ الرَّاحِمِيْنَ ۚ

Artinya: Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, “(Ya Tuhanku), sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang.”

Adapun yang tertuang dalam surat Al-Anbiya ayat 83 yang berbunyi Robbi annii massaniyadh dhurru wa anta arhamar rahimin yang berarti “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang”.

Baca juga   Inilah Pandangan Ulama Mengenai Bayi Tabung dalam Islam

Demikianlah beberapa informasi tentang biduran dan mengatasi biduran dalam Islam. Semoga artikel ini dapat membantu siapapun yang sedang dilanda penyakit ini. Harapan juga bagi siapapun yang sakit agar segera diangkat penyakitnya. Selalu beristigfar agar dijauhkan dari segala penyakit.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...