background images light

Sejarah Dan Hukum Tentang Cadar Dalam Islam

Desember 2, 2022
Share
Sejarah Dan Hukum Tentang Cadar Dalam Islam

Bagi wanita muslim, menutup aurat adalah wajib hukumnya. Untuk menutupi aurat, kebanyakan muslimah akan menggunakan hijab. Beberapa diantaranya juga memutuskan untuk mengenakan cadar, sehingga semua bagian tubuh kecuali mata tertutup. Hukum mengenakan cadar sendiri sebenarnya masih menjadi kontroversi, dan berikut ini adalah sejarah dan hukum cadar dalam Islam:

cadar dalam islam

Sejarah Cadar

Sejak abad ketujuh, Islam telah berkembang menjadi salah satu agama besar dunia. Saat menyebar melalui Timur Tengah ke Sahara dan Afrika sub-Sahara, ke Asia Tengah, dan ke banyak masyarakat yang berbeda di sekitar Laut Arab, banyak orang memasukkan beberapa kebiasaan berjilbab lokal dan memengaruhi yang lain. Salah satu diantara kebiasaan itu adalah mengenakan cadar.

Cadar atau dalam bahasa Arab disebut sebagai niqab adalah penutup wajah pelengkap hijab. Tidak ada perintah atau riwayat khusus mengenai cadar di dalam Al-Qur’an dan juga hadist. Selain itu, cadar sebenarnya sudah digunakan oleh banyak wanita di Arab jauh sebelum masa keislaman. Penggunaan cadar saat itu bertujuan untuk menghindari terik panas di gurun pasir.

Setelah diturunkannya perintah untuk menutup aurat bagi wanita, semua wanita Muslim mulai berbondong-bondong untuk mengenakan hijab dan cadar. Setelah itu, perintah ini mulai tersebar hingga cadar dan hijab tidak hanya sekedar menjadi ikon fashion namun juga syariat agama.

Hukum Cadar Dalam Islam

Hukum penggunaan cadar dalam Islam sebenarnya masih mengalami simpang siur. Ada yang berpendapat bahwa cukup mengenakan hijab saja. Disatu sisi, ada yang berpendapat bahwa wanita wajib mengenakan cadar. Perbedaan ini mungkin terjadi karena ada pengkotak-kotakan dalam golongan dan mahzab yang dianut.

Baca juga   Hukum Operasi Plastik Menurut Islam yang Wajib Dipahami

Menurut mahzab Hanafi, seluruh bagian tubuh wanita adalah aurat terkecuali wajah dan telapak tangan. Untuk itu, para muslimah diizinkan untuk mengenakan atau melepaskan cadar sesuai keinginan. Jika khawatir akan timbulnya fitnah dan berpotensi diganggu oleh orang jahat, maka hukumnya berubah menjadi wajib.

Mahzab Maliki menerangkan bahwa mengenakan cadar adalah kegiatan yang berlebihan (Al-Ghuluw). Oleh karena itu, mahzab Maliki membuat hukum pemakaian cadar menjadi makruh. Namun, disarankan untuk dipakai apabila tinggal di lingkungan yang tidak aman.

Sementara itu, mahzab lain seperti Syafi’i dan Hambali menerangkan bahwa seluruh bagian tubuh wanita adalah aurat. Untuk itu, diwajibkan untuk mengenakan cadar ketika diluar sholat. Cadar boleh dibuka ketika melaksanakan sholat ataupun untuk pria yang sudah mahramnya.

Manfaat Mengenakan Cadar

Kendati masih terdapat banyak perbedaan pendapat, cadar sendiri nyatanya memiliki banyak manfaat bagi para muslimah. Dan berikut ini adalah manfaat mengenakan cadar bagi perempuan dalam agama Islam:

1. Menjaga Aurat

Manfaat pertama tentu saja untuk menjaga aurat dari yang bukan mahramnya. Perintah untuk menutup aurat sendiri sudah dijelaskan dengan gambalang di dalam Al-Qur’an. Pemakaian cadar merupakan satu dari sekian banyak jenis pakaian yang digunakan untuk menutup aurat.

2. Melindungi Wajah Dari Matahari

Sebagaimana sudah dijelaskan diatas bahwa cadar pada hakikatnya merupakan pakaian untuk melindungi wajah dari sengatan matahari. Dengan begini, para muslimah bisa lebih nyaman ketika bepergian ke luar.

3. Menjaga Pandangan Lelaki

Sudah kodratnya bahwa laki-laki tertarik dengan wanita yang memiliki fisik dan wajah yang indah. Namun, ketertarikan ini terkadang bisa menjerumus kepada maksiat. Untuk itu, cadar digunakan untuk menjaga pandangan laki-laki. Kaum Adam sesungguhnya kurang tertarik dengan wanita yang tertutup sehingga tidak akan mengganggu wanita bercadar.

Baca juga   Manfaat dan Cobaan Puasa Daud bagi Orang Muslim

Demikian tadi sejarah dan hukum cadar dalam Islam yang mungkin tidak diketahui oleh sebagian besar umat Muslim. Dengan adanya penjelasan diatas, diharapakan dapat membuat pembaca mengerti tentang hukum-hukum dan manfaat cadar.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...