background images light

5 Fakta Cincin Palladium Dalam Islam Sebagai Cincin Nikah

September 17, 2022
Share
5 Fakta Cincin Palladium Dalam Islam Sebagai Cincin Nikah

Bagi pria muslim, tidak diperbolehkan menggunakan cincin dan perhiasaan emas. Meskipun dengan alasan perhiasan emas tersebut adalah cincin nikah tapi tetap tidak diperbolehkan. Alternatifnya ada perhiasan dengan bahan lain untuk laki-laki muslim, yaitu cincin Palladium. Sebelum mencoba cincin Palladium, cek dulu 5 fakta cincin Palladium dalam islam:

1. Halal dikenakan Pria Muslim

Ajaran islam melarang kaum pria untuk mengenakan perhiasan emas. Hal ini sesuai dengan Hadits Muslim dari Ibnu Abbas ra. Diceritakan Rosululloh SAW pernah melepas serta membuang cincin emas yang dikenakan oleh seorang pria. Rosululloh SAW berkata “Seorang di antara kamu sekalian sengaja mengambil bara dari api neraka dan meletakkannya di tangannya.”

Pria bisa mengenakan bahan Palladium sebagai pengganti emas. Cincin Palladium dalam islam halal dikenakan oleh pria, sebab cincin Palladium tidak mengandung emas. Jadi sebagai alternatif untuk mengenakan cincin pernikahan, pria bisa menggunakan cincin Palladium.

2. Termasuk Bahan Hypoallergenic

Dalam beberapa kasus, terdapat orang alergi terhadap perhiasan yang mengandung emas ataupun bahan dasar lainnya. Tidak semua bahan perhiasan memiliki kandungan hypoallergenic yang berarti anti alergi. Bagi orang yang menjumpai kasus demikian, bisa mencari solusi dengan mengenakan cincin Palladium.

Cincin dan perhiasan dari Palladium pun aman dikenakan bagi siapa saja, Karena Palladium mengandung bahan hypoallergenic. Jadi selain memiliki tingkat ketahanan yang tinggi, cincin Palladium juga aman digunakan bagi orang yang alergi pada bahan perhiasan tertentu. Jadi tak perlu khawatir lagi ada bekas merah atau gatal setelah memakai cincin dan perhiasan Palladium.

Baca juga   Halal Atau Haram? Berikut Ketentuan Hukum Forex Dalam Islam

5 Fakta Cincin Palladium Dalam Islam Sebagai Cincin Nikah

3. Harga Lebih Terjangkau

Jika disandingkan dengan emas juga platinum, Palladium lebih terjangkau dan murah, tapi lebih mahal daripada perak. Meski demikian, perlu diingat Palladium memiliki bahan hypoallergenic. Oleh karena itu cincin Palladium sering dipilih sebagai cincin nikah dengan budget yang lebih rendah bagi pria muslim.

Di Indonesia, cincin Palladium dijual dengan harga yang berbeda-beda. Harga tergantung dengan kadar Palladium yang terkandung pada perhiasan tersebut. Kadar Palladium pada cincin umumnya berkisar 50-75%, dengan kadar sebesar ini akan dihasilkan cincin yang bagus. Umumnya cincin Palladium dengan kadar 65% bisa dibandrol dengan harga 1 juta saja.

4. Tahan lama dan Anti Karat

Keunikan lainnya dari cincin Palladium ialah cincin Palladium lebih tahan lama dan bersifat anti karat. Jadi berapa kali terkena air pun, cincin Palladium tidak akan luntur dan berubah warna. Hal ini dikarenakan Palladium ialah logam mulia. Logam mulia memang dikenal tahan akan oksidasi serta korosi yang bisa menimbulkan karat.

Cincin Palladium juga memiliki warna putih asli dan berkilau yang tidak perlu dilapisi pewarna lainnya lagi ataupun tambahan pelapis logam lainnya. Karena tidak memerlukan tambahan pelapis lainnya, tingkat ketahanan cincin Palladium jadi semakin awet. Cincin Palladium memiliki tingkat ketahanan yang lebih baik dikarenakan cincin Palladium lebih keras.

5. Perawatan Cincin Mudah

Fakta dari cincin Palladium yang lainnya ialah cincin Palladium mudah untuk dirawat dan dikenakan. Selain karena bersifat anti karat yang menjadikan cincin jadi tahan lama, cincin Palladium juga sangat mudah untuk dibersihkan. Bahan untuk membersihkan cincin Palladium ialah air bersih dan sabun.

Caranya pertama, campur dan aduk air dengan sabun, kemudian rendam cincin selama 15 menit. Lalu bersihkan sela-sela cincin dengan sikat gigi, bersihkan sampai cincin semakin bersih dan mengkilap. Jika sudah selesai, segera basuh dengan kain kering.

Baca juga   Tips dan Syarat Hingga Hukum Jual Beli Saham Dalam Islam

Itulah 5 fakta cincin Palladium dalam islam yang halal digunakan bagi pria muslim. Karena pria islam dilarang mengenakan cincin emas, alternatifnya bisa menggunakan cincin Palladium. Beberapa fakta tentang cincin Palladium ini bisa menjadi referensi untuk memilih cincin Palladium sebagai cincin pernikahan.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...