background images light

5 Fadhilah Puasa Rajab yang Sangat Menarik

November 28, 2022
Share
5 Fadhilah Puasa Rajab yang Sangat Menarik

Rajab adalah bulan dimana mengingat dan memperingati peristiwa Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam melakukan Isra Mi’raj. Ketika itu Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah untuk melaksanakan ibadah sholat lima waktu. Rasulullah melakukan Isra Mi’raj di tanggal 27 Rajab. Maka disunnahkan berpuasa di bulan Rajab. Berikut ini penjelasan dari fadhilah puasa Rajab yang sangat menarik, antara lain:

1. Terbuka Gerbang Surga untuk yang Berpuasa

Fadhilah untuk puasa Rajab yang pertama ialah dibukanya pintu surga untuk hamba-hambanya. Dalam sebuah hadis riwayat al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid, menjelaskan bahwa jika melakukan puasa selama delapan hari, maka dibukakan delapan pintu surga-Nya.

MasyaAllah luar biasa, Allah telah memberikan banyak sekali kunci untuk masuk ke surga-Nya. Allah selalu memberikan kunci ke surga dengan menjalankan hal-hal baik. Hal ini karena Allah ingin hambanya masuk surga-Nya.

2. Pahala Puasa Satu Hari Sama dengan Satu Bulan

Pada fadhilah puasa Rajab yang kedua adalah Allah selalu memperhatikan hambanya, dimana Allah memberikan pahala puasa yang berlebih dari biasanya. Jadi, berpuasa satu hari itu sama seperti melakukan puasa dalam jangka waktu satu bulan. Bukti bahwa Allah Maha Rahim (penyayang) yaitu memberi pahala berlebih untuk hambanya yang taat kepada-Nya.

Sudah diterangkan dalam hadits riwayat At-Thabrani yang menerangkan sabda Rasulullah tentang satu hari berpuasa di bulan Rajab, sama dengan berpuasa satu bulan. Maka sebagai hambanya, taat kepada-Nya adalah sebuah kewajiban dan mengikuti sunnah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam adalah keutamaan. Meski banyak keutamaan atas puasa Rajab, pastinya berpuasa untuk tetap mendapat ridho-Nya.

Baca juga   Adakah Kepastian Hukum Menunda Malam Pertama dalam Islam? Inilah Penjelasannya

3. Puasa Tanggal 27 Baginya Melakukan Amalan dalam 60 Bulan

Hadis diriwayatkan oleh Abu Hurairah, menjelaskan bahwasannya siapa berpuasa tepat di tanggal 27 Rajab akan mendapat pahala seperti orang berpuasa dalam 60 bulan. Tepat tanggal 27 Rajab ini bertepatan dengan Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam melakukan Isra Mi’raj. Peristiwa spesial ini adalah saat dimana umat Islam mendapat perintah untuk melaksanakan sholat lima waktu.

4. Mendapat Ampunan dari Allah SWT

Sebuah hadits riwayat At-Thabarani menerangkan bahwa jika hamba berpuasa tujuh hari, maka Allah SWT akan menutup pintu neraka jahanam. Allah Maha Pengampun bagi hamba-hambanya. Sebagai manusia memiliki kesalahan itu wajar. Hal ini karena kesalahan itu adalah bentuk pembelajaran.

Jika kesalahan itu dilakukan, maka segeralah memohon ampunan kepada Allah. Hal ini karena Allah Maha Pengasih dan Maha Pengampun. Allah memberi cobaan untuk hambanya, karena Allah ingin hambanya belajar, dan selalu ingat kepada-Nya. Segala hal yang Allah berikan pada hambanya adalah hal terbaik dari yang baik.

5. Permintaannya Terkabul

Fadhilah puasa Rajab ke lima ialah Allah akan mengabulkan permintaan hambanya. Telah dijelaskan dalam hadis riwayat Al-Thabarani bahwasannya hambanya yang berpuasa sepuluh hari pada bulan Rajab, maka Allah akan mengabulkan permintaannya. Betapa baiknya Allah kepada hambanya. Ini adalah bukti nyata, Allah sudah banyak sekali memberi kesempatan dan sesuatu yang spesial untuk hamba-hambanya.

Demikian fadhilah puasa Rajab yang bisa setiap hamba dapatkan ketika melaksanakannya. Beribadah bukan kemudian selalu mengikuti nafsu hanya untuk mendapat balasan duniawi. Mendapatkan ridho Allah adalah hal yang utama bagi seorang hamba. Tidak hanya ingin selalu mendapatkan hadiah dari-Nya, karena itu adalah mengikuti nafsu belaka. Semoga sebagai hambanya selalu dalam keridhoan-Nya, agar selalu mendapat keberkahan dalam hidup.

Baca juga   Pelajaran yang Bisa Diambil dari Fenomena Mati Suri dalam Islam

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...