background images light

Apa Saja Hikmah Dibalik Ujian Kehidupan Manusia

Desember 3, 2022
Share
Apa Saja Hikmah Dibalik Ujian Kehidupan Manusia

Setiap perkara kehidupan tidak lepas dari hikmah yang sangat berharga untuk kehidupan manusia. Begitu pun dengan ujian yang diberikan Allah SWT kepada semua hamba-Nya. Hikmah dibalik ujian akan menjadi pelajaran berharga sebagai bekal untuk menjajaki kehidupan selanjutnya. Maka dari itu, sebagai umat muslim yang baik, senantiasa menghadapi ujian dengan sabar dan lapang.

Bentuk Ujian Kehidupan

Pada dasarnya ujian yang Allah SWT berikan akan hadir dalam bentuk yang beragam. Seperti halnya dua tahun ke belakang, setiap lapisan yang ada di dunia ini diuji dengan adanya musibah pandemic Covid-19. Dalam menghadapinya tentu bukanlah hal mudah, tapi akan selalu ada hikmah dibalik ujian tersebut.

Sebelum mengulik hikmah yang bisa dipetik dari sebuah ujian, mari mengenal macam-macam ujian terlebih dahulu. Ujian yang menghadang setiap manusia bisa dalam berbagai bentuk. Di antara macam-macam ujian tersebut adalah sebagai berikut:

  • Ba’sa yaitu ujian yang yang bersifat ringan. Sebagaimana yang disuratkan dalam ayat suci Al-Qur’an, setiap ujian yang diberikan akan menyesuaikan dengan kemampuannya.
  • Dhorrun, ujian lainnya bersifat menengah, bisa berupa celaan ataupun sejenisnya.
  • Wazulzilu yakni ujian yang sifatnya paling berat menimpa seorang manusia.
  • Ujian juga bisa berbentuk perintah, seperti halnya yang dikisahkan dalam kisah Nabi Ibrahim as. yang mendapat perintah untuk menyembelih Ismail, yang tidak lain adalah putra semata wayangnya.
  • Bentuk ujian berupa larangan untuk menjauhi zina, mencuri, korupsi, dan semacamnya.
  • Berupa musibah yang menghadang, akankah kuat menghadapi kelaparan atau pun kekurangan.
  • Ujian juga bisa berupa nikmat yang bisa membawa seseorang pada derajat yang lebih tinggi atau sebaliknya.
Baca juga   5 Adab Pergaulan Dalam Islam yang Wajib Diketahui

Hikmah Dibalik Ujian

Hikmah Dibalik Ujian Kehidupan Manusia

Seperti yang disinggung sebelumnya, setiap perkara yang ada di dunia ini tidak lepas dari pelajaran yang bisa dipetik. Berbagai hikmah ujian bisa menjadi pelajaran berharga untuk semua umat manusia. Di antara hikmah yang bisa didapatkan antara lain sebagai berikut:

1. Meningkatkan Keimanan Seorang Muslim

Ujian dalam berbagai bentuk bisa meningkatkan keimanan seorang muslim yang bisa menghadapainya. Jika ujian berbentuk kenikmatan, maka sikap yang tepat untuk menghadapinya yakni bersyukur atas nikmat yang diberikan. Lain halnya jika ujian berupa kekurangan harta atau pun jiwa, kelaparan dan semacamnya, maka hadapilah dengan sabar.

2. Diangkatnya Derajat Seseorang

Selanjutnya, hikmah dibalik ujian juga akan membuat derajat seseorang menjadi lebih tinggi. Hal ini dijelaskan dalam salah satu hadits yang diriwayatkan Imam Muslim. Setiap muslim yang diuji dalam bentuk musibah atau pun sebagainya, maka derajatnya pun akan diangkat oleh Allah SWT.

3. Terhapusnya Dosa

Allah SWT menurunkan ujian dalam bentuk penyakit, maka bagi setiap muslim yang menghadapinya dengan sabar dan ikhlas akan mendapatkan ampunan dosa. Seorang muslim yang tertimpa musibah berupa penyakit dan sejenisnya, maka akan gugur penyakitnya bak pohon dan daun yang berguguran.

4. Bukti Kecintaan Allah SWT

Selain itu, ujian merupakan bukti kecintaan Allah SWT terhadap hamba-Nya. Besarnya ujian yang diberikan bergantung pada kecintaan Allah SWT kepada makhluknya. Maka dari itu, setiap ujian harus dihadapi dengan ridha. Sikap ketidaksukaan hanya akan mendatangkan murka Allah SWT.

5. Meraih Pahala Allah SWT

Bagi siapa saja muslim yang mampu melewati berbagai bentuk ujian dari Allah SWT akan mendapatkan pahala. Seperti yang disuratkan dalam ayat suci Al-Qur’an dalam surat Az-Zumar. Bahwasanya orang yang bersabar akan mendapat pahala tanpa batas. Hal demikian akan didapatkan jika seorang muslim mampu bersabar ketika menghadapi ujian.

Baca juga   Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim dan Ismail Singkat

Demikianlah ulasan singkat terkait hikmah dibalik ujian yang bisa dijadikan pengingat untuk semua. Semoga berbagai bentuk ujian yang meghadang bisa terkalahkan dengan kesabaran sebagai tonggaknya. Sikap sabar yang ditanamkan dalam diri akan berbuah kabar yang menggembirakan.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...