background images light

Hubungan Iman Islam dan Ihsan serta Keutamaannya

Desember 1, 2022
Share
Hubungan Iman Islam dan Ihsan serta Keutamaannya

Islam, iman, dan ihsan adalah tingkatan yang terdapat pada agama islam. Seorang mukmin akan menjadi muslim sejati jika dalam diri mereka terdapat tiga komponen ini. Tentunya tiga komponen ini ada keterkaitannya. Pada tulisan ini akan mengulas hubungan iman islam dan ihsan serta keutamaannya sehingga dapat menambah pemahaman sebagai orang muslim.

Iman yakni yakin di hati, dibenarkan dalam ucapan, dan pastinya akan dilakukan dengan raga. Islam berarti percaya bahwa hanya Allah SWT adalah satu-satunya yang berhak disembah. Sedangkan ihsan yakni perilaku sholeh yang dilakukan seorang muslim untuk mendapatkan keberkahan dari Allah. Berikut adalah keterkaitan iman, islam, juga ihsan beserta keutamaannya:

Hubungan Iman Islam dan Ihsan serta Keutamaannya

Hubungan Iman Islam dan Ihsan

Diibaratkan seperti pohon, iman akan menjadi akar yang harus kuat dan siap sebagai tumpuan batang dll. Sedangkan batang di sini mencerminkan islam yang tegak berdiri. Jika batangnya rapuh maka akarnya lama-kelamaan akan ikut rapuh juga. Ihsan diibaratkan sebagai daun, buah dan bunga untuk membuat tumbuhan itu lebih indah.

Dalam islam, iman menjadi hal yang paling penting dalam diri seorang muslim. Dengan iman yang kuat, islam akan berdiri kokoh diatasnya. Jika seorang muslim memiliki iman dan islam yang baik maka ihsan pun tentu akan mengikuti. Tiga komponen tersebut akan terlihat jika seorang muslim menjalankan lima rukun islam dengan ikhlas.

Keutamaan Hubungan Iman Islam dan Ihsan

Seseorang yang selalu percaya pada Alah, menjalankan perintahnya dan selalu berbuat baik tentunya akan mendapatkan pahala. Selain itu hidupnya InsyaAllah akan selalu mendapatkan keberkahan dan kebaikan dari Allah. Ada banyak manfaat atau keutamaan jika 3 hal ini dimiliki seorang mukmin. Berikut merupakan manfaat atau keutamaan yang dapat diambil:

Baca juga   Hukum Aqiqah dalam Islam Beserta Aturannya

1. Bersyukur Atas Nikmat Allah

Memiliki iman yang kuat, islam yang kokoh serta ihsan yang baik tentunya akan menjadi sebuah rasa syukur tersendiri. Tidak semua orang memiliki oleh tiga komponen tersebut. Rasa syukur itu akan terus berlanjut jika seorang muslim mampu mempertahankan tiga hal itu secara terus-menerus.

2. Mempunyai Pendirian yang Kuat

Terkadang seorang mukmin tidak selalu punya iman yang kuat. Maksudnya, ada kalanya seorang muslim mengalami futur, yaitu naik turunnya iman dalam hati seseorang. Namun, seorang mukmin sejati tentunya akan segera bangkit dari situasi tersebut. Seseorang yang memiliki 3 hal penting tersebut akan selalu memiliki pendirian yang kokoh.

3. Meraih Kebahagiaan

Dengan adanya tiga komponen ini tentunya seseorang akan mendapatkan kebahagiaan. Menjadi seorang mukmin bukan berarti tidak pernah mendapatkan cobaan dari Allah. Justru Allah akan memberikan cobaan yang lebih untuk mengetes makhluknya di atas iman. Jika berhasil melalui cobaan tersebut, tentunya ada kebahagiaan tersendiri dalam diri orang itu.

4. Terhindar dari Azab Allah

Seseorang yang beriman akan melakukan perbuatan yang diberkahi dan akan menjauhi semua amalan yang dibenci Allah. Salah satu kenikmatan dari hal ini yakni mendapatkan kebahagiaan dunia bahkan akhirat. Selain itu, InsyaAllah akan terhindar dari azab Allah SWT. Hal itu merupakan salah satu nikmat yang tak terkira.

Itulah hubungan iman islam dan ihsan serta keutamaannya. Dengan membaca referensi di atas, diharapkan mampu menambah kadar iman kepada Allah, menambah amalan islam dan tentunya akan menjalankan ihsan. Ada banyak sekali keutamaan yang bisa didapat jika dalam diri seorang muslim ada tiga hal pokok tersebut. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...