background images light

Mengenal MLM dan Hukum MLM dalam Islam

November 28, 2022
Share
Mengenal MLM dan Hukum MLM dalam Islam

Istilah MLM memang sudah tidak lagi asing, terutama bagi pelaku bisnis di tanah air. MLM sendiri merupakan strategi pemasaran dengan melibatkan konsumen di dalamnya. Disini konsumen diiming-imingi hadiah dan insentif dalam bentuk uang, haji, umrah, asuransi, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana sebenarnya hukum MLM dalam Islam? Berikut ini dijelaskan mengenai MLM beserta hukumnya menurut Islam, yaitu:

Mengenal MLM Menurut Islam

Secara lebih rinci, MLM merupakan sistem marketing bertingkat dimana pelanggan ditempatkan sekaligus sebagai tenaga pemasaran. MLM secara gamblang bisa diartikan sebagai strategi marketing pada banyak tingkatan. Pada awal tahun 2000, demam MLM ini sempat merajalela di Indonesia. Dengan iming-iming hadiah yang bisa terbilang fantastis, masyarakat Indonesia seolah terbujuk rayu oleh MLM ini.

Namun, hadiah yang fantastis ini lambat laun berubah dan mulai tidak disenangi lagi. Perusahaan pun mulai memutar otak dan memberi label syari’ah pada hadiah yang dijanjikan. Masalahnya, apakah benar usaha yang mengusung MLM dibawah label syari’ah tersebut telah memenuhi standar syari’ah yang seharusnya ada? Berikut pandangannya secara Islam serta syaratnya agar dianggap syari’ah, yaitu:

1. Sudut Pandang Islam

Sejatinya, Islam memahami bahwa kebudayaan bisnis kini berganti dengan sigap. Hukum MLM dalam Islam tidak benar-benar diatur secara khusus. Namun demikian, Islam memiliki beberapa prinsip untuk menjalankan bisnis yang hendaknya dipatuhi setiap pelaku usaha. Pertama, usaha tersebut harus terlepas dari unsur dharar (bahaya), jahalah (ketidakjelasan) dan zhulm (merugikan atau bersikap tidak adil terhadap salah satu pihak).

Baca juga   Bolehkah Ibu Menyusui Puasa, Inilah Hukumnya Menurut Islam dan Sisi Medis

Selain itu, usaha yang islami pula hendaknya wajib terbebas dari 5 buah unsur yang disingkat MAGHRIB, yakni maysir (judi), gharar (penipuan), haram, riba (bunga), serta batil. Apabila sebuah bisnis terlepas dari unsur-unsur yang disebutkan tersebut, maka sejatinya bisnis tersebut merupakan bisnis syariah yang Islami serta tidak apa-apa untuk dilakukan. Namun sebaliknya, jika bisnis melakukan unsur-unsur itu, maka termasuk bisnis haram.

2. Syarat Supaya Syari’ah

Ada beberapa hukum MLM dalam Islam yang harus ditaati pelaku bisnis MLM agar bisnisnya menjadi syari’ah. Beberapa syaratnya itu barang yang disajikan haruslah halal, thayyib, serta menjauhi syubhat. Lalu sistem akad wajib mengikuti rukun jual beli pada hukum Islam. Kemudian ada Dewan Pengawas Syari’ah dalam struktur perusahaannya. Dewan ini melarang penggunaan sistem piramida yang merugikan orang baru.

Hukum Bisnis MLM

Ada beberapa pendapat mengenai hukum dari bisnis MLM ini, apalagi jika dilihat dari sudut pandang secara Islam. Penentuan haram maupun halalnya MLM yang dilakukan tergantung pada prosesnya, berikut ini penjelasannya:

1. Bisnis MLM Haram

Akibat maraknya kasus penipuan berkedok MLM ini, petinggi agama kini menyarankan agar umat Islam tidak lagi tertipu dengan bisnis seperti ini. Bahkan ketua pengurus besar NU Said Aqil Siroj mengungkapkan bahwa bisnis MLM ini mengandung unsur manipulasi dan tidak transparan. Banyak pihak yang dirugikan dan sistemnya menyalahi prinsip Islami.

MLM ini memang sering sekali memberikan janji palsu dikarenakan sifatnya yang kurang transparan ini. Sering pula seseorang dipaksa untuk masuk ke dalam bisnis ini, padahal dirinya sama sekali tidak mengetahui apa-apa. Bisnis MLM ini sifatnya haram dan harus dijauhi oleh seluruh manusia.

2. Bisnis MLM Halal

Bisnis MLM halal akan mengikuti syari’ah yang ada serta berlawanan dengan unsur MAGHRIB yang sudah disebutkan diatas. Bisnis seperti ini bersifat jujur dan transparan. Tidak semua bisnis yang menggunakan sistem MLM ini buruk. Apabila disesuaikan dengan hukum Syari’ah yang berlaku, maka bisnis MLM ini dapat berkembang menjadi suatu komunitas yang positif. Jadi, terdapat pertukaran ilmu, pikiran, dan juga ibadah.

Baca juga   Ruqyah dalam Islam Sebagai Penyucian Jiwa

Demikian beberapa poin yang telah membahas hukum MLM dalam Islam. Jadi MLM itu sebagai sistem yang dianggap haram jika tidak mengikuti syari’ah Islam yang telah dijelaskan. Hendaknya seluruh umat manusia menjauhi hal-hal berbau haram ini, agar tidak lebih lagi menyakiti hati Allah dan merugikan sesama manusia.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...