background images light

Penjelasan dan Hukum Ilmu Kebal Dalam Islam

Agustus 5, 2022
Share
Penjelasan dan Hukum Ilmu Kebal Dalam Islam

Sebagai penduduk yang tinggal di negara yang kental dengan klenik dan mitos, pasti pernah mendengar tentang desas-desus ilmu kebal. Konon, pengguna ilmu kebal memiliki daya tahan tubuh yang tidak masuk akal, seperti tidak bisa di bacok dan kebal terhadap api. Namun, bagaimana sebenarnya penjelasannya dalam Islam? Dan berikut ini adalah penjelasan dan hukum ilmu kebal dalam Islam:

Hukum Ilmu Kebal Dalam Islam

Ilmu kebal sebenarnya bukan hal yang baru di Indonesia. Melalui kisah yang diceritakan secara turun-temurun, ilmu kebal menjadi sebuah ‘harta karun’ yang dicari-cari banyak orang. Orang-orang yang mempelajari ilmu kebal biasanya bertujuan untuk mengalahkan seseorang atau mendominasi sebuah kelompok masyarakat.

Lantas, bagaimana Islam menanggapi tentang hal ini? Berdasarkan petunjuk Al-Qur’an, segala sesuatu yang tidak diperintahkan oleh Allah dan Rasul dapat disebut sebagai bid’ah. Sementara itu, ilmu kebal sendiri tidak pernah diajarkan dalam Islam. Jadi, dapat dipastikan bahwa ilmu kebal merupakan sebuah bid’ah dan dilarang dalam ajaran Islam.

Jikalau ilmu kebal benar-benar ada, maka dapat dipastikan pasukan umat Islam dahulu tidak akan terbunuh dalam perang. Jika ilmu kebal benar-benar nyata, mungkin saja Khalifah Utsman tidak akan dibunuh oleh para pemberontak. Kekuatan fisik yang luar biasa tidak melulu didapatkan melalui ilmu kebal. Ini bisa saja diperoleh dari latihan yang sangat keras.

Meskipun begitu, ada beberapa orang yang benar-benar bersaksi bahwa ilmu kebal benar-benar ada. Ilmu kebal ini disebutkan diperoleh dengan cara mendatangi dukun. Segala sesuatu yang berhubungan dengan sihir dan dukun benar-benar dilarang oleh Islam. Tak ada yang namanya ilmu kebal halal atau apapun itu.

Baca juga   Tips dan Syarat Hingga Hukum Jual Beli Saham Dalam Islam

Ilmu Kebal Dalam Islam

Mempelajari Ilmu Kebal

Kendati ilmu kebal dilarang menurut syariat, umat Muslim masih bisa mempelajari ilmu ini. Ilmu kebal yang dimaksud disini bukanlah kekebalan tubuh, melainkan kekebalan hati dan iman kepada Allah SWT. Dan ini adalah sejumlah amalan yang dapat dipelajari untuk membuat iman islam menjadi kebal terhadap godaan dan hal buruk:

1. Menahan Amarah

Amarah adalah sifat bawaan manusia. Amarah bisa datang dari lubuk hati dan pikiran yang memanas. Dalam Islam, amarah disebutkan dapat menyebabkan terputusnya hubungan serta menahan kebaikan. Lebih parahnya lagi, marah dapat menimbulkan rasa benci dan hasad. Hal ini bisa berujung pada fitnah dan merebaknya pertengkaran antar sesama Muslim.

Disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa Allah SWT sangat menyukai al-Muhsinun (orang-orang yang berbuat baik). Dan diantara orang-0rang yang berbuat baik tersebut adalah orang yang bisa menahan amarahnya. Menahan amarah bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara termudah yang dapat dilakukan adalah mengambil wudhu lalu melaksanakan sholat.

2. Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Memaafkan kesalahan orang lain adalah salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Sebagai sesama makhluk, manusia diharapkan bisa memaafkan orang lain. Jika Allah saja bisa memaafkan hambanya, mengapa seorang hamba tidak bisa memaafkan sesama? Mengikhlaskan masa lalu dan memaafkan dapat mempererat silaturahmi dan semakin dekat dengan-Nya.

3. Berharap Lebih Terhadap Ampunan Allah

Salah satu sifat-sifat Allah adalah  Al-‘Afuw (Maha Pemaaf). Allah SWT dapat memaafkan kesalahan setiap orang asalkan orang tersebut mau bertobat. Tak peduli sebesar apa kesalahannya, setiap manusia mempunyai tempat yang layak di sisi-Nya. Tak hanya memohon ampunan semata, umat Muslim juga wajib meninggalkan perbuatan buruk dan mengikuti apa yang diperintahkan.

Baca juga   Cara Mengusir Jin Kiriman Orang

Demikian tadi penjelasan dan hukum ilmu kebal dalam Islam yang mungkin bisa dijadikan sebagai pelajaran. Dengan amalan-amalan yang sudah dijelaskan diatas, semoga bisa mempertebal iman dan membuat hati kebal terhadap segala macam hal buruk.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...