background images light

Pandangan Indigo dalam Islam yang Wajib Diketahui

Agustus 3, 2022
Share
Pandangan Indigo dalam Islam yang Wajib Diketahui

Dalam istilah medis, Indigo dikenal dengan nama Extra Sensory Perception, dimana penderita berkemampuan lebih dalam mempersepsikan hal sekitarnya. ESP ini lebih menjerumus ke arah kemampuan seseorang dalam menerima dan mengirim informasi tanpa panca indera. Sebenarnya pandangan tentang indigo dalam Islam yang perlu diketahui, karena bukan hal yang aneh lagi.

Masyarakat umum mengenal indigo dengan nama indera keenam yang konon katanya dapat melihat hal-hal ghaib. Termasuk diantaranya kemampuan melihat makhluk seperti jin atau peristiwa di masa lalu maupun masa depan. Berikut uraian penjelasan hingga pendapat ahli Islam yang mengulas tentang indigo, antara lain:

1. Quran Surah Al-Jin

Dalam surah ini, Allah SWT berfirman bahwasanya tidak memperlihatkan satupun hal ghaib pada manusia. Apabila salah satu diantaranya memiliki kemampuan tersebut maka itu menjadi bagian dari ujian hidupnya. Namun, disisi lain dapat juga membahayakan aqidah sebab umat muslim tak boleh mempercayai ramalan atau hal berbau kemusyrikan.

Pada dasarnya, prinsip dalam Al-Quran menyebutkan tidak ada manusia ataupun jin yang mampu mengakses perkara ghaib. Seperti yang diketahui bersama baik ilmu pengetahuan ataupun sains telah membuktikan kebenaran dari Al-Quran yang tidak diragukan lagi. Oleh karena itu, sebagai umat beragama hendaknya senantiasa fokus pada kebesaran Allah.

2. Kajian Surah Ar-Rahman

Menurut salah seorang ustadz, Indigo bukanlah sebuah kelebihan melainkan penyakit gangguan syaithon yang memberikan informasi kepadanya. Selain itu, ketika seseorang yang mengaku indigo melakukan ruqyah, diyakini bakal merinding dan kesurupan. Apabila salah satu diantaranya bisa mengobati orang lain, itu hanya satu tipu daya syaithon agar manusia percaya.

Baca juga   4 Sikap Teladan Nabi Nuh, Wajib Ditiru !

3. Quran Surah Al-Kahfi

فَوَجَدَا عَبْدًا مِّنْ عِبَادِنَآ اٰتَيْنٰهُ رَحْمَةً مِّنْ عِنْدِنَا وَعَلَّمْنٰهُ مِنْ لَّدُنَّا عِلْمًا

Artinya: Lalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berikan rahmat kepadanya dari sisi Kami, dan yang telah Kami ajarkan ilmu kepadanya dari sisi Kami. (Q.S Al-Kahfi Ayat 65)

Pandangan indigo dalam Islam pada surah al-kahfi ayat 65 ini tentang kemampuan Indigo, dimana seseorang mendapat pengetahuan tanpa belajar. Kata belajar yang dimaksud adalah proses memperoleh pengetahuan memalui buku ataupun bertanya dari orang lain. Allah SWT hanya memberikan anugrahnya kepada hambanya yang shaleh supaya umatnya semakin bertauhid dijalan-Nya.

Hal ini tepatnya terjadi pada Nabi Khidir AS yang dikaruniai pengetahuan dari Allah tanpa proses belajar umumnya. Pengetahuan beliau didapat seperti ilham atau intuisi secara tiba-tiba apabila didasarkan dari surah tersebut. Semata-mata rahmat yang didapat agar hambanya merendahkan diri di hadapan Allah SWT bukan menjadikannya riya atau sombong.

4. Kutipan Hadist Riwayat Bukhari

Diketahui melalui Hadist Riwayat Bukhari mengenai cara syaitan yang mencuri berita dari langit untuk mendukung usahanya dalam memikat manusia. Nabi shallallahu alaihi wa sallam juga mengatakan syaitan mendatangi dukun-dukun untuk menyampaikan informasi tersebut. Meski dari 100 informasi yang didapatnya perlu diketahui bahwa 99 diantaranya hanyalah dusta semata.

5. Quran Surah Al-Araf

Dalam surah ini tersirat makna bahwa sesungguhnya apa itu yang ghaib benar keberadaannya di dunia ini meski manusia tidak dapat melihatnya. Perkara ghaib yang dimaksud yakni setan atau iblis yang selalu memperhatikan manusia tanpa disadari. Untuk arti lengkapnya bisa dilihat dari terjemahan atau tafsir Al-Quran surah Al-A’raf ayat 27

Baca juga   Ternyata Begini, Keutamaan Uban di Usia Muda Dalam Islam

Meski demikian, seharusnya sebagai sesama umat muslim selalu waspada dalam menyampaikan informasi terkait perkara ghaib. Sumber informasinya ialah dari Al-Quran ataupun Hadits, sebab sudah masuk urusan aqidah. Namun, ada pengecualian yakni apabila anak Indigo menginformasikan suatu hal melalui kepekaan sensorinya tanpa adanya unsur yang membahayakan aqidah.

Itulah lima ulasan singkat mengenai pandangan indigo dalam Islam yang intinya indigo bukan kelebihan yang dibanggakan. Justru harus segera dihilangkan melalui ruqyah sebab sesungguhnya itu hanyalah pengaruh dari jin dan syaitan. Orang yang beriman harus yakin bahwa hanya Allah yang maha mengetahui segala sesuatu termasuk perkara ghaib.

 

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...