background images light

Beginilah Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi, Simak Yuk Informasinya !

September 25, 2022
Share
Beginilah Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi, Simak Yuk Informasinya !

Orang yang melihat dan mengenal langsung Nabi Muhammad SAW dan membantu perjuangannya disebut dengan Sahabat Nabi. Islam yang dikenal sebagai agama yang sempurna dan menjadikan kisah sahabat Nabi yang menginspirasi.

Kisah perjalanan hidup yang pernah dilewati adalah mengenal para sahabatnya. Dibawah ini ada beberapa kisah sahabat nabi yang menginspirasi yang dapat dijadikan sebagai teladan.

Kisah Sahabat Nabi yang Terbaik

kisah sahabat Nabi yang menginspirasi

Sebenarnya banyak sekali kisah sahabat nabi yang harus diketahui. Namun, di bawah ini hanya beberapa kisah sahabat nabi yang bisa kita pelajari.

Abu Bakar Ash-Shiddiq Dikenal Setia dan Memiliki Keistimewaan

Abu bakar Ash-Shiddiq menjadi salah satu sumber kisah sahabat Nabi yang menginspirasi karena pertama kali masuk islam. Abu bakar lahir di kota Mekkah, dengan nama Abdul Ka’bah. Namun namanya berubah menjadi Abdullah setelah mualaf. Abu bakar artinya bapak anak unta muda, nama ini diberikan sendiri oleh Rasulullah.

Setelah wafat Rasulullah, abu bakar langsung diangkat menjadi khalifah untuk menggantikannya. Abu bakar memiliki peranan penting untuk menyebarkan agama islam di luar jazirah Arab, pada masa kepemimpinannya misalnya saja penyebaran ke arah utara bai itu Suriah dan Irak.

Loyalitas yang tinggi membuat Abu bakar dikenal sebagai khalifah yang mulia. Namun, pada saat terjadi serangan yang bertubi-tubi dalam perang Uhud abu bakar selalu melindungi Rasul.

Selain itu, beliau dikenal mempunyai kepiawaiannya saat berbicara sehingga dapat menyelesaikan berbagai macam masalah, termasuk pada saat kabilah bangsa arab yang tidak mau membayar zakat. Pada tahun 634 M, Abu Bakar meninggal dunia di kota Madinah dan makam nya diletakkan di sebelah makan nabi.

Baca juga   Sudah Tahu Belum, Ini Mukjizat Puasa Daud yang Wajib Diketahui

Umar Bin Khattab Memiliki Loyalitas Tinggi

Salah satu kisah sahabat Nabi yang menginspirasi dan lahir di kota Mekah adalah Umar Bin Khattab. Suatu hari, ia mendengar bahwa ada saudara perempuannya sudah masuk islam dan ia pun ingin membunuh Rasulullah SAW.

Namun, ketika umar kembali ke rumah ia mendengarkan saudaranya tersebut melantunkan surah Thaha. Dengan lantunan ayat tersebut membuat umar menjadi luluh dan memutuskan untuk masuk islam.

Sekitar tahun 622 Masehi, umar pun mulai ikut berhijrah dengan nabi ke Madinah. Beberapa peperangan ia ikuti seperti perang Uhud, perang Khaibar dan perang Badar. Umar selalu menjadi orang yang membeli nabi.

Umar bin Khattab yang menggantikan Abu Bakar sebagai khalifah kedua. Beliau juga memiliki peranan penting untuk menyebarkan agama Islam ke Mesopotamia, pada saat masa kepemimpinannya.

Bahkan, umar dikenal menjadi salah satu pemimpin yang bergaya hidup sederhana dan cerdas. Selain itu, umar juga dikenal sebagai sahabat nabi yang loyalitasnya sangat tinggi.

Utsman bin Affan sang pemilik dua cahaya

Golongan bani umayyah lahir pada tahun 574 masehi. Salah satu saudagar kaya yang sangat dermawan dan menjadi mualaf sesudah mendengar dakwah dari Abu Bakar disebut dengan Utsman bin Affan. Beliau termasuk khalifah ketiga yang menggantikan Umar bin Khattab.

Khalifah dijuluki sebagai pemilik dua cahaya karena sudah menikahi dua putri Rasulullah SAW. Berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah, beliau dikenal sebagai pemimpin yang bijaksana dan lembut. Apalagi sudah banyak pencapaian yang ia lakukan pada saat menjadi khalifah.

Dari beberapa kisah sahabat Nabi yang menginspirasi yang diatas, kita bisa meneladani sifat-sifatnya. Bahwa, kita harus memiliki sifat yang loyalitas terhadap teman ataupun sahabat yang susah.

Baca juga   Sejarah Dan Hukum Tentang Cadar Dalam Islam

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...