background images light

5 Kunci Kebahagiaan Rumah Tangga dalam Islam

Desember 5, 2022
Share
5 Kunci Kebahagiaan Rumah Tangga dalam Islam

Menjalani rumah tangga dilandasi dalam ketaatan kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW adalah prioritas bagi umat Islam. Salah satu kunci kebahagiaan rumah tangga dalam Islam adalah melaksanakan hak dan kewajiban dalam rangka menolong ibadahnya kepada Allah SWT. Maka memilih pasangan hidup merupakan bagian dari memilih dengan siapa akan menghabiskan sisa hidupnya.

Nikah merupakan bentuk ibadah. Pada suatu pernikahan ada yang namanya imam dan ada yang namanya makmum. Maka dalam pernikahan, imam akan memimpin rumah tangga dan bertanggung jawab atas apapun yang terjadi pada rumah tangganya. Sedangkan makmum, mengikuti imamnya ke arah yang benar. Berikut kunci agar imam dan makmum bisa selalu berjalan berdampingan, antara lain:

kunci kebahagiaan rumah tangga dalam islam

1. Memahami Kekurangan dan Kelebihan Masing-Masing

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan. Jadi pasangan dalam rumah tangga hendaknya saling melengkapi kekurangan dan kelebihan tersebut. Apabila ada kekurangan dari istri maka ditutupi oleh kelebihan suami. Begitu pula sebaliknya, kelebihan dari istri digunakan untuk menutupi kekurangan suami.

Dengan demikian, kekurangan yang dimiliki pasangan tidak digunakan untuk merendahkan pasangan dan menghilangkan kelebihan yang dimiliki pasangan. Kekurangan dan kelebihan ini akan tetap melekat dalam diri masing-masing. Untuk itu, setiap pasangan sebaiknya selalu mengelola setiap kelebihan yang dimiliki agar kekurangan yang ada bisa diminimalisir.

2. Berdiskusi Atas Masalah yang Dialami

Beberapa problem akan menghampiri setiap rumah tangga. Mulai dari masalah internal keluarga, masalah pekerjaan, masalah ekonomi, masalah parenting, sampai gangguan dari pihak lain. Semua masalah yang ada bukan berarti penghalang melainkan rintangan untuk mengukuhkan ikatan pernikahan. Dengan demikian, setiap rintangan sebaiknya didiskusikan dengan kepala dingin tanpa menyalahkan pihak manapun serta fokus mendapatkan solusi.

Baca juga   Hukum Operasi Plastik Menurut Islam yang Wajib Dipahami

Setelah masalah selesai, ambil pelajaran yang bisa diterapkan dalam rumah tangga. Maka, tak perlu mengungkit masalah yang sudah selesai. Fokus pada pelajaran yang akan digunakan dalam perjalanan, selanjutnya akan membuat rumah tangga lebih berkembang dengan baik.

3. Saling Mendukung

Jika pasangan memiliki kelebihan dan potensi, maka saling mendukung kelebihan ini adalah kunci kebahagiaan rumah tangga dalam Islam. Dukungan yang diberikan akan menjadi sistem penggerak yang memajukan hubungan pernikahan menjadi lebih baik lagi. Dengan dukungan moril dalam rumah tangga, pasangan akan menjadi rukun dan akrab satu sama lain.

4. Meluangkan Waktu Bersama

Rasa kebersamaan selama menikah perlu dibangun agar pasangan memiliki waktu untuk saling membahagiakan. Dengan banyaknya memori bahagia bersama, pasangan akan segan untuk meninggalkan kenangan buruk di ingatan salah satu pasangannya. Mengeratkan kebersamaan juga dapat menjauhkan orang ketiga dalam rumah tangga.

5. Saling Membantu

Dalam menjalani rumah tangga, ada tugas-tugas yang dilakukan masing-masing peran. Akan tetapi, peran ini dibagi agar kedua pihak dapat saling membantu satu sama lain. Dalam membantu, peran suami atau istri bisa saling dilengkapi oleh pasangan yang mampu melakukannya saat itu.

Berbeda halnya dengan peran orang tua. Istri yang berperan sebagai ibu dan suami yang berperan sebagai ayah. Keduanya akan memiliki peran penting terhadap anak yang tak bisa saling digantikan.

Demikian penjelasan kunci kebahagiaan rumah tangga dalam Islam. Meskipun semua rumah tangga memiliki tujuan untuk berbahagia, kebahagiaan dan kesedihan akan menghampiri silih berganti. Untuk itu, memilih untuk berbahagia dalam keadaan sesulit apapun tidak perlu menunggu untuk berumah tangga. Hal ini karena kebahagiaan adalah perasaan yang hadir atas rasa syukur.

Baca juga   Ketahuilah Cara Berhubungan Intim Menurut Islam

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...