background images light

Mengenal Manfaat Kutu Rambut dalam Islam yang Sangat Menarik

September 15, 2022
Share
Mengenal Manfaat Kutu Rambut dalam Islam yang Sangat Menarik

Serangan kutu rambut ini seringkali membuat manusia terganggu untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan rasa gatal yang ditimbulkan oleh gigitannya pada kulit kepala. Namun, dalam Islam ternyata kutu rambut memiliki beberapa manfaat yang cukup besar. Berikut ini beberapa manfaat kutu rambut dalam Islam yang sangat menarik, diantaranya:

1. Meningkatkan Kebersihan Berpakaian

Kutu rambut memang menjadi salah satu parasit yang dapat hidup pada rambut manusia. Keberadaan kutu rambut pada zaman dahulu yang diturunkan Allah pada kaum Mesir sebagai azab dapat dijadikan pembelajaran. Salah satu pembelajaran yang didapatkan yaitu terkait cara dalam berpakaian.

Azab yang diturunkan Allah kepada kaum Mesir pada zaman Nabi Musa telah tertuang pada surat surat Al-A’raf/7:133. Pada zaman tersebut kaum Mesir sangatlah senang menyombongkan diri dan berbuat dosa sehingga Allah turunkan azab baginya. Dengan turunnya serangan kutu mengajarkan manusia untuk senantiasa menjaga kebersihan berpakaian dan juga cara berpakaian yang layak yaitu dengan menutup auratnya.

2. Jaga Kebersihan Kasur

Selain manfaat dalam tata cara berpakaian, salah satu pembelajaran yang diberikan Allah yaitu menjaga kebersihan tempat tidur. Keberadaan kutu yang menyerang seseorang akan juga dapat menularkannya pada orang lain. Media penularan kutu tersebut dapat berupa kasur, sarung bantal maupun sofa. Hal tersebut dikarenakan kutu yang dapat menempel pada media tersebut.

Menjaga kebersihan tempat tidur sangat penting untuk dilakukan. Mencuci sprei maupun sarung bantal menjadi salah satu cara untuk mengurangi serangan kutu. Selain itu, menjemur kasur juga dapat dilakukan secara berkala agar kasur sebagai habitat bagi kutu tersebut tidak sesuai.

Baca juga   Ternyata Begini, Keutamaan Uban di Usia Muda Dalam Islam

3. Buat Awet Muda

Kutu rambut memang sering membuat manusia terganggu karena adanya rasa gatal yang ditimbulkan. Namun sebenarnya adanya kutu rambut juga dapat menimbulkan beberapa manfaat bagi tubuh salah satunya yaitu membuat lebih awet muda.

Kutu rambut dapat membuat awet muda karena hewan ini dapat melakukan mekanisme apoenzim. Mekanisme ini dapat mengubah senyawa menjadi protein. Senyawa protein yang dibutuhkan manusia untuk regenerasi yang membuat lebih tampak awet muda.

4. Naiknya Peredaran Darah

Banyak orang di dunia ini yang tidak ingin terserang oleh kutu rambut. Bahkan jika sedikit saja terdapat kutu yang menyerang rambut pasti akan mencari segala cara untuk memusnahkannya. Hal tersebut dikarenakan adanya rasa gatal yang timbul karena gigitan pada kulit kepala.

Kutu rambut dapat menjadi alternatif bagi kesehatan tubuh karena dapat meningkatkan peredaran darah pada seseorang. Khususnya pada area kepala manusia. Hal tersebut dikarenakan cara kerja kutu yang seperti lintah menghisap darah manusia.

5. Menyembuhkan Penyakit Hati

Salah satu manfaat kutu rambut dalam Islam dalam ilmu sains dan pengetahuan yaitu dapat menyembuhkan penyakit liver. Mengapa bisa kutu dapat menyembuhkan penyakit hati? Hal tersebut dikarenakan kutu dapat memproses protein menjadi senyawa baru yang dibutuhkan oleh manusia. Selain itu kutu rambut juga dapat memproses arus mega elektrik sehingga mengurangi emisi zat karbon pada tubuh.

Itulah beberapa manfaat kutu rambut dalam Islam yang dapat dipetik hikmahnya. Namun tetap atasilah serangan kutu rambut yang menyerang diri agar tidak bertambah banyak. Jika bertambah banyak, kutu juga hanya akan menimbulkan gangguan pada manusia. Jagalah kebersihan tempat tinggal dan pakaian yang digunakan, agar terhindar dari serangan kutu rambut.

Baca juga   Hukum Nikah Beda Agama dalam Islam dan Hukum Negara

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...