background images light

5 Cara Mengatasi Anak Rewel Dalam Islam

September 21, 2022
Share
5 Cara Mengatasi Anak Rewel Dalam Islam

Dalam Islam, anak adalah titipan dari Allah SWT yang wajib dijaga dan dirawat dengan penuh kasih sayang. Orangtua wajib merawat anak dengan tenang meskipun anak tersebut rewel. Dalam Islam, ada beberapa tips yang dapat diikuti untuk mengatasi anak yang rewel. Jika di artikel sebelumnya tim MuslimQu membahas pandangan bayi tabung dalam islam, Dan berikut ini adalah 5 cara mengatasi anak rewel dalam Islam yang bisa diikuti:

Mengatasi Anak Rewel Dalam Islam

1. Bacakan Al-Qur’an

Cara mengatasi anak rewel dalam Islam yang pertama adalah dengan membacakan ayat-ayat suci Al-Qur’an. Sebagaimana yang sudah diketahui, Al-Qur’an adalah pedoman yang membimbing umat manusia ke jalan yang benar. Mendengarkan bacaan Al-Qur’an kepada anak yang rewel dapat membuatnya menjadi sedikit lebih tenang.

Berdasarkan penelitian, gelombang suara yang positif dapat mempengaruhi emosi dari anak. Selain musik klasik, bacaan Al-Qur’an juga merupakan salah satu gelombang yang bersifat positif. Jika sedang tertidur, ibu juga bisa menyetel murottal dari ponsel agar menyala sepanjang malam. Selain berguna untuk bayi, ini juga merupakan amalan yang dapat memberikan pahala yang sangat besar.

2. Jangan Lupa Baca Doa

Doa adalah pelindung bagi semua umat Islam dari segala marabahaya. Dalam segala aktivitas, umat Islam dianjurkan untuk membaca doa. Mulai dari bangun hingga akan sebelum pergi tidur disarankan untuk membaca doa. Jika si kecil sudah bisa berbicara, ajarkan doa secara perlahan-lahan.

Jika belum lancar berbicara, maka orangtua bisa membacakannya untuk sang buah hati. Bacaan doa sebelum tidur sebenarnya sangat singkat, namun dianjurkan untuk membaca doa tambahan agar anak tetap tenang. Doa tambahan yang bisa dibacakan ialah potongan doa dari kitab Muhyidin Abu Zakaria Yahya.

Baca juga   Sudah Tahu Belum, Ini Mukjizat Puasa Daud yang Wajib Diketahui

Yaitu surat At-Takwir ayat 20, dan Surat Al-Buruj ayat 20-22. Selain itu, orangtua juga bisa membacakan surat Al-Fatihah, Ayat Kursi, dan tiga surat pendek yang terdiri dari Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas.

3. Jauhkan Kamar Anak Dari Boneka

Sudah menjadi kodrat jika seorang anak senang bermain dengan boneka. Meskipun bisa menjadi alat bermain yang menyenangkan, boneka juga bisa menjadi penyebab anak rewel di malam hari. Terkadang, benda-benda tiruan makhluk hidup seperti boneka merupakan tempat kesukaan bagi kaum jin dan mahluk halus lain.

Terlebih lagi, anak dengan usia dibawah lima tahun biasanya sangat sensitif terhadap hal-hal mistis dan astral. Jin yang mendiami boneka bisa menyebabkan si kecil menjadi takut dan menangis. Untuk itu, orang tua perlu menyimpan boneka milik anak di tempat yang tidak terlihat atau meletakkannya di ruangan yang terpisah dari kamar tidur.

4. Biasakan Sabar dan Lembut Terhadap Anak

Setiap orang tua mendidik anak dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang penyabar dan ada juga yang bersikap keras. Orangtua yang sering marah-marah ketika merawat anak biasanya ditangkap oleh anak sebagai sebuah emosi negatif. Emosi negatif tersebut dapat mempengaruhi pola pikir dan alam bawah sadar si kecil. Tak jarang juga hal ini terbawa-bawa sampai si kecil tertidur.

Sebagai orang tua, rawatlah anak dengan kesabaran dan sikap yang lembut. Sikap lemah lembut ini juga bisa menjadi contoh bagi si kecil saat dirinya dewasa nanti. Emosi yang positif dapat memberikan dampak yang positif pula bagi anak.

5. Lakukan Ruqyah

Jika anak masih tetap rewel dan menangis, maka cara terakhir yang bisa dicoba adalah dengan melakukan ruqyah. Gangguan jin atau mahluk halus yang berkelanjutan mungkin menjadi penyebab dari rewelnya anak. Untuk ruqyah yang tidak berbahaya, orangtua bisa mendatangi pemuka agama setempat yang memiliki kapabilitas.

Baca juga   Hikmah Infaq Dan Sedekah

Demikian tadi 5 cara mengatasi anak rewel dalam Islam yang mungkin bisa dijadikan contoh. Dengan penjelasan diatas, para orangtua kini tak perlu bingung jika si buah hati rewel dan menangis setiap malam.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...