background images light

7 Penyebab Batalnya Puasa, Ingat Jangan Sampai Diabaikan !

November 29, 2022
Share
7 Penyebab Batalnya Puasa, Ingat Jangan Sampai Diabaikan !

Puasa menjadi salah satu ibadah yang biasa dilakukan umat Muslim yang bisa berhukum wajib maupun sunnah. Tidak hanya itu dalam menjalani puasa sendiri ada aturannya. Termasuk juga ada hal-hal yang menjadi penyebab batalnya puasa. Apa saja itu? Simak ulasan lengkap berikut ini:

1. Sengaja Memuntahkan Makanan

Mungkin yang dipahami orang adalah makan atau minum menjadi pembatal puasa. Namun kenyataannya tidak hanya itu, ketika seseorang dengan sengaja memuntahkan isi perut juga bisa menjadi penyebab batalnya puasa. Sengaja dalam hal ini bisa berarti memasukkan tangan atau benda ke mulut hingga membuat mual dan akhirnya memuntahkan isi perut.

2. Haid Dan Nifas

Ada masa keistimewaan yang hanya dialami kaum hawa saja, dimana tidak boleh mengerjakan ibadah walaupun hukumnya wajib sekalipun misalnya puasa Ramadhan. Hal tersebut terjadi pada dua masa yaitu pertama saat haid dan yang kedua saat nifas.

Haid merupakan siklus alami yang terjadi di tubuh perempuan setiap bulannya. Jadi, ketika sedang melaksanakan puasa Ramadhan dan tiba-tiba haid di waktu sebelum berbuka, maka jelas perempuan tersebut batal puasanya. Begitu pula dengan nifas atau peristiwa darah yang keluar setelah melahirkan.

3. Masuknya Benda Dari Lubang Yang Menerus

Hal yang ini mungkin tidak disadari orang pada umumnya saat sedang puasa. Padahal perkara ini bisa menjadi puasa batal. Yaitu ketika masuknya beda dari lubang yang menerus.  Lubang yang dimaksud ini bisa mulut atau dubur, kemudian telinga dan sebagainya.

Untuk bendanya tidak hanya makanan, namun apapun termasuk hanya air juga. Misalnya mulut yang kemasukan air dan kemudian tertelan bisa menjadi penyebab batalnya puasa. Jadi, berkumur saat setelah dhuhur bisa dihukumi makruh sebab jika tidak hati-hati bisa menjadi peluang batalnya puasa.

Baca juga   Beginilah Kisah Sahabat Nabi yang Menginspirasi, Simak Yuk Informasinya !

Kemudian masuknya air dari telinga juga membatalkan. Oleh karena itu, saat puasa hendaknya jika mandi berhati-hati, kecuali untuk mandi wajib. Selain itu juga masuknya  dubur juga demikian. Hal ini biasanya rawan terjadi saat sedang menyelam saat berenang.

4. Murtad

Menjadi hal yang membatalkan puasa selanjutnya adalah apabila seseorang murtad. Penjelasan murtad adalah seorang muslim yang keluar dari agama Islam. Tentunya hal ini karena bagi mereka yang keluar dari agama Islam, tidak lagi memenuhi syarat wajib puasa itu sendiri.

5. Bersetubuh

Saat menjalankan puasa selain menahan makan dan minum. Juga harus menahan hawa nafsu termasuk dalam hal bersetubuh walaupun dengan pasangan yang sah. Bahkan jika hal ini dilakukan dengan sengaja saat puasa Ramadhan maka seseorang tersebut harus membayar denda alias hukuman yaitu puasa dua bulan berturut-turut.

6. Keluarnya Mani

Hal ini mungkin seperti penjelasan diatas, tidak boleh melakukan hubungan suami-istri. Termasuk juga dengan sengaja mengeluarkan mani walaupun tanpa hubungan. Hukumnya juga tetap membatalkan puasa. Pasalnya hal ini juga termasuk menyalurkan hawa nafsu yang seharusnya ditahan selama menjalankan puasa.

7. Merokok

Mungkin bagi laki-laki merokok menjadi salah satu kebiasaan yang sering dilakukan tiap harinya. Terlebih jika seorang perokok aktif. Namun, perlu diketahui bahwa merokok saat puasa bisa menjadi batalnya puasa.

Hal tersebut dikarenakan saat merokok juga memasukkan sesuatu (asap) dengan sengaja ke dalam tubuh. Bahkan pada umumnya rokok juga mengandung rasa layaknya makanan. Pasalnya hakikatnya puasa adalah menahan hawa nafsu termasuk merokok.

Demikian itu 7 hal yang menjadi penyebab batalnya puasa. Tentunya dengan mengetahui perkara tersebut umat Islam yang sedang menjalankan ibadah puasa lebih bisa berhati-hati. Tidak hanya itu menjalani puasa akan jauh lebih tenang dan juga mendapatkan keberkahan puasa.

Baca juga   Pelajari 5 Hukum Bitcoin Dalam Islam Sebelum Mulai Berinvestasi

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...