background images light

Mengenal Puasa 40 Hari untuk Hajat yang Diperbolehkan dalam Islam

Agustus 5, 2022
Share
Mengenal Puasa 40 Hari untuk Hajat yang Diperbolehkan dalam Islam

Saat menginginkan sesuatu, dapat dilakukan dengan usaha secara maksimal dan berdoa. Beberapa orang juga turut melakukan shalat hingga puasa sunnah yang ditujukan untuk kemudahan hajat tersebut. Lalu, bagaimana dengan puasa 40 hari untuk hajat? Berikut ini akan dipaparkan penjelasan lengkapnya:

puasa 40 hari untuk hajat

1. Pandangan Puasa Hajat Dalam Islam

Islam sendiri merupakan ajaran yang sangat luas termasuk dalam hal mengatur kehidupan pemeluknya. Salah satu yang menjadi rukun di dalam agama islam adalah puasa juga. Namun, perlu diketahui bahwa dalam agama Islam sendiri mengenal puasa wajib dan puasa sunnah.

Dimana jika puasa wajib adalah puasa yang harus dilakukan oleh semua umat Islam dengan syarat dan aturan yang berlaku. Jika meninggalkan puasa wajib maka akan dibebankan untuk menggantinya misalnya saja puasa Ramadhan. Sedangkan untuk puasa sunnah, adalah puasa yang boleh dikerjakan, boleh tidak.

Misalnya puasa sunnah lebih akrab dan sifatnya ditekankan untuk dikerjakan adalah puasa senin-kamis. Namun apabila mengerjakan puasa dengan tujuan mempermudah hajat, sebagai nadzar juga diperkenankan asal tetap di niatkan kepada Allah.

2. Niat Puasa Hajat

Setelah mengetahui pandangan puasa hajat dalam islam. Maka barangkali ada yang ingin melaksanakan puasa ini. Bisa melakukan niatnya terlebih dahulu yaitu Nawaitu shauman nadzri lillahi ta’ala. Untuk waktu pembacaan niat ini sendiri sama dengan puasa sunnah pada umumnya.

Namun disarankan agar niat tersebut tidak lupa, maka bisa dilakukan saat sebelum tidur atau setelah shalat Isya. Selain itu juga agar lebih siap untuk bangun sahur. Namun, jika memang benar-benar lupa. Bisa dilafalkan saat pagi harinya, asalkan belum makan dan minum sedikitpun.

Baca juga   Mengenal MLM dan Hukum MLM dalam Islam

3. Tujuan Puasa Hajat

Setiap puasa selalu memiliki tujuan yang berbeda-beda. Beberapa puasa sunnah ditujukan sebagai mengikuti sunnah nabi, atau ada juga sebagai peringatan terhadap terjadinya sebuah peristiwa misalnya kelahiran.

Namun, tidak menutup kemungkinan puasa sunnah dilakukan untuk memohon hajat yang akan datang. Misalnya akan melaksanakan ujian sekolah atau ujian penerimaan kerja. Adapun puasa yang dilakukan mulai dari puasa tiga hari, seminggu atau bahkan melaksanakan puasa 40 hari agar hajatnya terwujud.

4. Manfaat Puasa Hajat

Puasa tidak hanya sekadar menahan diri dari lapar dan haus. Misalnya saja  puasa 40 hari untuk hajat ini juga memiliki banyak manfaat. Jika ditinjau dari sisi rohani, maka jelas akan meningkatkan keimanan kepada Allah, kemudian lebih bersyukur dan lebih terjaga lisan maupun tindakannya.

Sedangkan jika dilihat dari sisi medis, maka dengan puasa kesehatan fisik akan lebih terjaga. Pasalnya sudah bukan rahasia lagi salah satu sumber penyakit berasal dari makanan. Saat puasa kegiatan makan dan proses pengeluaran racun dalam tubuh akan lebih terkontrol.

5. Aturan Puasa Hajat

Untuk pelaksanaan puasa 40 hari untuk hajat sendiri kurang lebih juga sama dengan puasa pada umumnya. Aturan pertama adalah membaca niat sebelum melaksanakan puasa itu. Kedua adalah melaksanakan sahur. Adapun sahur sendiri merupakan makan yang dilakukan sebelum imsak atau subuh.

Ketiga menghindari segala hal yang membatalkan puasa misalnya makan dan minum dengan sengaja. Lalu yang keempat melaksanakan buka puasa di waktu magrib atau saat matahari tenggelam. Untuk waktu imsak maupun magrib tiap daerah berbeda-beda, sehingga bisa disesuaikan dengan daerah setempat.

Demikian penjelasan terkait puasa 40 hari untuk hajat  hingga aturan puasanya yang bisa dipraktekkan. Puasa sunnah jika sesuai dengan aturan Islam maka tetap diperbolehkan. Begitupun dengan puasa hajat apabila diniatkan untuk meminta kemudahan kepada Allah akan sesuatu yang diharapkan juga diperbolehkan.

Baca juga   Berikut Ini 5 Ayat dan Surat Untuk Mengusir Setan dan Jin

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...