background images light

Trinitas Dalam Islam dan Ayat Al Quran Sebagai Penentangnya

September 16, 2022
Share
Trinitas Dalam Islam dan Ayat Al Quran Sebagai Penentangnya

Dalam islam, Tuhan seluruh alam hanya satu yaitu Allah. Allah tidak memiliki keturunan ataupun ibu bapak. Lantas bagaimana trinitas dalam islam? Apa itu trinitas? Ungkapan ini mungkin masih asing bagi sebagian orang karena jarang dibahas saat kajian-kajian. Hal itu disebabkan karena konsep trinitas tidak jelas dan mengundang pertanyaan yang tidak ada habisnya.

Sebenarnya paham trinitas bukan ajaran asli kaum Nasrani. Hal itu dikarenakan ajaran Nasrani yang asli yakni ajaran tauhid yang dibawa nabi Isa As. Namun, ajaran ini sekarang sudah banyak perubahan dan jauh dengan ajaran tauhid dari nabi Isa As. Berikut merupakan ulasan mengenai trintas dari berbagai aspek:

Pengertian Trinitas

Menurut orang Kristen sekarang, trinitas yakni memposisikan bapak tuhan, roh kudus, dan anak tuhan atau yesus sebagai Tuhan. Ada istilah tiga jadi satu dan satu diantara tiga. Artinya, ketiga komponen itu bisa jadi satu yang disebut Tuhan. Tuhan juga bisa mewakili tiga komponen itu. Hal ini tentunya menjadi sangat ambigu.

Trinitas Dalam Islam

Trinitas Dalam Islam

Pada ajaran islam tidak ada anak Tuhan, yang ada hanya ada 1 Tuhan yaitu Allah dan tidak memiliki keturunan maupun orang tua. Allah berdiri sendiri dan bisa melakukan apapun sendiri. Dapat mengatur seluruh alam sendiri tanpa bantuan makhluk lain. Namun, kenapa ada ajaran trinitas? Bagaimana trinitas menurut paham orang muslim?

Konsep trinitas dalam islam tidak ada. Kenapa? Karena dalam islam tidak mengenal konsep ketuhanan yang dibagi menjadi tiga. Beberapa pemuka agama merasa bingung dengan konsep ini, apa yang dimaksud dengan satu sama dengan tiga, tiga sama dengan satu. Hal itu tidak masuk akal dan hanya akan menimbulkan perdebatan.

Baca juga   Inilah Cara Mengusir Kuntilanak Menurut Islam yang Paling Ampuh

Ajaran ini ada dan menyebar karena ada orang yang tidak bertanggungjawab mengubah ajaran tauhid dari Nabi Isa As. Salah satu ajaran yang sudah diubah adalah mengatakan bahwa Nabi Isa adalah Tuhan. Padahal Nabi Isa As sendiri mengatakan bahwa Beliau Bukan Tuhan, hal ini sudah dijelaskan dalam Kitab Al Quran.

Ayat-Ayat Al Quran Mengenai Trinitas

Ada beberapa ayat Al Quran yang menentang konsep ini diantaranya Quran Surat An-Nisa’ ayat 171. Maksud dari ayat tersebut yakni dilarang berasumsi bahwa Tuhan Itu ada tiga. Jika dilakukan tentu akan dimurkai oleh Allah. Sesungguhnya Nabi Isa itu juga makhluk yang diciptakan Allah, bukan sebagai Tuhan karena Tuhan hanya satu.

Disebutkan juga dalam Quran Surat Al Maidah ayat 73. Makna dari ayat tersebut yakni akan terkena azab jika masih meyakini bahwa Allah itu salah satu dari tiga oknum. Orang yang masih memahami ajaran itu disebut orang kafir. Sudah jelas bahwa setiap makhluk hanya boleh menyembah satu Tuhan yakni Allah SWT.

وَاِذْ قَالَ اللّٰهُ يٰعِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ ءَاَنْتَ قُلْتَ لِلنَّاسِ اتَّخِذُوْنِيْ وَاُمِّيَ اِلٰهَيْنِ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗقَالَ سُبْحٰنَكَ مَا يَكُوْنُ لِيْٓ اَنْ اَقُوْلَ مَا لَيْسَ لِيْ بِحَقٍّ ۗاِنْ كُنْتُ قُلْتُهٗ فَقَدْ عَلِمْتَهٗ ۗتَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِيْ وَلَآ اَعْلَمُ مَا فِيْ نَفْسِكَ ۗاِنَّكَ اَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْبِ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Allah berfirman, “Wahai Isa putra Maryam! Engkaukah yang mengatakan kepada orang-orang, jadikanlah aku dan ibuku sebagai dua tuhan selain Allah?” (Isa) menjawab, “Mahasuci Engkau, tidak patut bagiku mengatakan apa yang bukan hakku. Jika aku pernah mengatakannya tentulah Engkau telah mengetahuinya. Engkau mengetahui apa yang ada pada diriku dan aku tidak mengetahui apa yang ada pada-Mu. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang gaib.”  (QS. Al Maidah ayat 116)

Bahkan Nabi Isa As sendiri telah menjelaskan bahwa dirinya bukan Tuhan terbukti pada Quran Surat Al Maidah ayat 116. Makna dari ayat tersebut yakni bahwa Isa Almasih tidak pernah mengatakan bahwa dia dan ibunya mengaku Tuhan. Nabi Isa percaya jika hanya Allah lah yang tau akan perkara gaib.

Baca juga   Apa yang Harus Dilakukan Ketika Junub Saat Puasa

Itulah trinitas dalam Islam yang perlu diketahui agar semakin yakin bahwa sebenarnya konsep trinitas itu tidak ada. Trinitas muncul karena ulah orang yang tidak bertanggungjawab dan mengubah konsep Ketuhanan. Banyak ayat Al Quran yang menentang paham tersebut. Bagi orang yang masih berasumsi bahwa Tuhan itu tiga maka akan mendapat siksa yang pedih.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...