background images light

Ternyata Begini, Keutamaan Uban di Usia Muda Dalam Islam

November 25, 2022
Share
Ternyata Begini, Keutamaan Uban di Usia Muda Dalam Islam

Sudah maklum jika setiap pertambahan usia sering kali dibarengi dengan perubahan warna rambut oleh seseorang. Lalu apakah sudah tahu bahwa uban di usia muda dalam Islam itu memiliki keutamaan? Setelah mengetahuinya, tentu tidak akan lagi merasa minder atau kehilangan kepercayaan diri. Sebab itu merupakan salah satu anugerah dari Allah SWT.

Munculnya uban terkadang membuat sebagian orang panik dan menganggap tidak menarik lagi. Padahal perubahan warna rambut dari hitam menjadi putih atau abu-abu tersebut memiliki keutamaan sendiri. Hal ini memang wajar terjadi sebab produksi melanin dalam tubuh sudah berkurang. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diketahui mengenai keistimewaan di baliknya.

1. Menjadi Cahaya di Hari Kiamat

Keutamaan pertama dari orang beruban adalah rambutnya yang memutih tersebut dapat menjadi cahaya pada hari akhir nanti. Hal ini tentunya dikhususkan bagi orang-orang yang beriman pada Allah SWT. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Amr bin Syu’aib dari ayahnya dari kakeknya, bahwa Nabi bersabda:

لَا تَنْتِفُوا الشَّيْبَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَشِيبُ شَيْبَةً فِي الْإِسْلَامِ إِلَّا كَانَتْ لَهُ نُورًا يَوْمَ الْقِيَامَة

Dari sabda Nabi tersebut dapat diketahui bahwa sebenarnya tidak diperkenankan untuk mencabuti uban yang tumbuh di kepala. Bahkan mayoritas ulama menghukuminya dengan makruh. Selain itu pun, Imam At-Tirmidzi juga meriwayatkan hal yang sama dan dishahihkan oleh Al-Albani dalam kitabnya yang berjudul Shahih Tirmidzi.

2. Sebagai Pengingat Ajal

Simaklah surat Fatir:37 berikut:

اَوَلَمْ نُعَمِّرْكُمْ مَّا يَتَذَكَّرُ فِيْهِ مَنْ تَذَكَّرَ وَجَاۤءَكُمُ النَّذِيْرُۗ فَذُوْقُوْا فَمَا لِلظّٰلِمِيْنَ مِنْ نَّصِيْرٍ

Dari ayat tersebut dapat diketahui bahwa umat manusia dipanjangkan umurnya dan diharapkan mampu berpikir atas semua tanda-tanda yang datang dari Allah SWT, termasuk salah satunya uban. Perubahan warna rambut ini dapat digunakan pengingat kalau kapan saja ajal itu bisa datang.

Baca juga   Ketahuilah Cara Berhubungan Intim Menurut Islam

Hal ini juga diterangkan dalam kitab Sabilul iddikar wal i’tibar bima yamurru bil insan wa yanqadli lahu minal a’mar karangan Sayyid Abdullah Al-Haddad. Pada penjelasan di dalamnya disebutkan tumbuhnya uban menjadi bukti jika manusia tidak bisa hidup selamanya di dunia. Oleh karena itu harus memperbanyak amal saleh.

3. Menambah Wibawa Seseorang

Keutamaan uban di usia muda dalam Islam berikutnya yaitu menjadikannya lebih terlihat berwibawa. Dikatakan bahwa salah satu bentuk mengagungkan Allah SWT yaitu bersikap hormat kepada seorang muslim yang telah beruban. Ini menjadi bukti kalau harus bersikap sopan. Hal tersebut diriwayatkan oleh Abu Dawud dari Abu Musa Al-Asy’ari:

إِنَّ مِنْ إِجْلَالِ اللهِ إِكْرَامَ ذِي الشَّيْبَةِ الْمُسْلِمِ

4. Menjadi Penerang bagi Seorang Muslim

Tidak perlu khawatir lagi jika rambut mengalami perubahan warna. Sebab hal tersebut dapat menjadi sebagai penerangan bagi orang Islam. Keutamaan ini pun telah dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam At-Tirmidzi.

Maksud penerang di sini bukan artian yang sebenarnya, tetapi rambut beruban itu menjadi petunjuk dan pengingat dari Allah. Sehingga bisa lebih mempertebal keimanan seseorang. Memang uban biasa tumbuh bagi orang yang sudah memasuki usia 40 tahun, namun tidak menutup kemungkinan juga dialami oleh kawula muda.

5. Meningkatkan Derajat

Keutamaan yang terakhir ini diungkapkan dalam kitab Syu’abul Iman yang diriwayatkan oleh Al-Baihaqi:

الشيب نور المؤمن لا يشيب رجل شيبة في الإسلام إلا كانت له بكل شيبة حسنة و رفع بها درجة

Hadits ini juga dikatakan hasan oleh Syaikh Al Albani dalam kitab karangannya, yakni Al Jami’ Ash Shaghir.

Dapat diketahui bahwa tidak hanya menjadi cahaya bagi orang-orang yang beriman, uban juga menjadikannya diangkat ke derajat lebih tinggi. Selain itu, setiap helai dari rambut beruban tersebut dihitung sama dengan satu kebaikan.

Baca juga   Inilah Cara Mengusir Kuntilanak Menurut Islam yang Paling Ampuh

Demikian beberapa keutamaan uban di usia muda dalam Islam. Melalui penjelasan-penjelasan di atas seharusnya mampu membuat seseorang untuk lebih meningkatkan keimanan dan terus beramal baik.

Artikel Lainnya

Artikel Lain yang mungkin anda suka...